Friday, April 04, 2014

Pengertian Clockworkmod [CWM]

Apasih Pengertian CWM /Clockworkmod ?  Hampir semua orang yang sering ngoprek android harus bertemu dengan yang namanya CWM. tapi apa yang dimaksud dengan CWM ?



Pengertian Clockworkmod [CWM]

nih gan ane bakal jelasin apa pengertian CWM menurut newbie kaya ane ini. CWM adalah sebuah program yang digunakan untuk menginstal ROM atau apps tweak dan lain sebagainya dalam bentuk atau format *zip. CWM juga bisa untuk memformat system atau data dan membackup maupun restore data anda. menghapus data atau memformat sdcard juga bisa. CWM berisi dasar pengaturan atau hal hal mendasar yang dibutuhkan untuk ngoprek si android. 

CWM sebenarnya belum masuk kedalam program / system android. bisa dianalogikan bahwa CWM seperti BIOS di dalam sebuah komputer. CWM juga ada beberapa macamnya. seperti gambar diatas adalah CWM yang tidak support / mendukung touch system . jadi kita mengoperasikanya dengan tombol tombol yang ada dalam HH kita, seperti volume up untuk pindah keatas. volume down untuk pindah kebawah dan power/home untuk memilih pilihan. tapi ada juga yang touch support. mendukung system sentuh/touch saat kita mengoperasikanya. 

keberadaan atau adanya CWM sebenarnya belum ada di hh android yang belum diapa apain alias original. karena vendor tidak memberikan fitur ini. tapi ada juga vendor yang menyediakanya untuk digunakan pengguna sebagai pereset telepon. tetapi option nya tidak selengkap seperti yang diatas. hanya ada 

  • Reboot phone
  • Wipe data (reset)
  • Power off
tetapi ada juga vendor yang menyediakan option "instal zip from sdcard" dengan tujuan untuk cara root dsb.

yup seperti itu pengertian singkat ala newbie kaya ane. jika ada kesalahan tolong koreksi (PM me). manusia juga punya kesalahan hehe. tetapi sesungguhnya pengertian CWM lebih kompleks dan mendalam lagi. saya hanya menjabarkan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Yooosh sekian nih artikel dari saya.. eh yang lain kalo mau COPAS kasih backlink / sumber yak ? copas sih boleh boleh aja jangan takut kalo ada sumber semua beres..

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Clockworkmod [CWM]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Catatan :
1. komentarlah dengan bijak
2. gunakan bahasa yang sopan dan santun
3. no spam no sara no porn no link ! (udah ane sediain exchange link)
4. berusaha komentar yang relevan dengan membaca postingan terlebih dahulu
5. jangan memancing keributan.
6. Jika ada pertanyaan yang lebih spesifik atau request artikel bisa ke REPORT